RSS

Selasa, 02 Februari 2010

Cara Memasukkan Flash ke dalam Blog


Cara memasukkan flash ke dalam blog sebenarnya sudah kita contohkan melalui beberapa tutorial memasukkan menu flash ke dalam blog. Namun, postingan ini sengaja dibuat sebagai panduan general bagaimana memasukkan flash ke dalam blog atau web lainnya. Agar file flash bisa ditampilkan pada halaman web, perlu struktur HTML yang berfungsi untuk menjalankan perintah agar file flash tersebut bisa terlihat pada browser. Salah satu cara untuk mengetahui struktur HTML itu bisa dengan memanfaatkan Dreamweaver, dimana diawal kita memasukkan file flash melalui layar design, baru kemudian melihat source kode/stuktur HTML-nya melalui layar code. Berikut struktur HTML untuk menampilkan flash pada halaman web:

width="147" height="34"> URL FILE FLASH.SWF" /> URL FILE FLASH.SWF" quality="high" pluginspage="http://www.macromedia.com/shockwave/download/index.cgi?P1_Prod_Version=ShockwaveFlash" type="application/x-shockwave-flash" width="147" height="34" >

  • Ganti tulisan "URL FILE FLASH.SWF" yang berwarna merah dengan URL dari file flash yang ingin Anda masukkan ke dalam halaman web.
  • Tulisan yang berwarna biru pada stuktur HTML tersebut merupakan kode untuk mengatur ukuran tampilan dari file flash pada halaman web tersebut
Struktur HTML tersebutlah yang Anda letakkan pada bagian dimana flash tersebut ingin dimunculkan pada halaman web.
Sebagai contoh kita akan memasukkan file flash menu yang kita dapatkan dari software Flash Menu Factory. Adapaun postingan cara mendapatkan menu flash menggunakan software Flash Menu Factory tersebut bisa pembaca lihat di sini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah mendesain menu menggunakan software Flash Menu Factory tersebut selesai, jangan lupa mengekspor hasil desain ke dalam bentuk .swf, karena ekstensi flash yang bisa dimasukkan ke dalam halaman web adalah berbentuk .swf. Sebagai contoh kita ekspor dengan nama "menu.swf".
  2. Simpanlah file flash tersebut ke dalam internet dengan cara menghostingkannya ke web server.
  3. Sekarang buka www.blogger.com, kemudian login untuk masuk ke dalam akun blogspot Anda.
  4. Klik link Tata Letak kemudian pilih sub tab menu Edit HTML 
  5. Silahkan backup terlebih dahulu template pembaca agar jika terjadi kesalahan bisa mengembalikannya kembali. Untuk melakukannya silahkan klik link Download Template Lengkap pada bagian Backup/Restore Template.
  6. Beri centang pada kotak kecil disamping tulisan Expand Template Widget.
  7. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan flash menu tersebut di bawah header blog. Maka, carilah kode berikut pada template pembaca tersebut:









  • Copy paste stuktur HTML untuk memasukkan flash ke dalam halaman web yang telah diberikan di atas tepat di bawah kode yang Anda temukan pada langkah 7. Jangan lupa terlebih dahulu mengganti "URL FILE FLASH.SWF" yang berwarna merah dengan URL dari file menu flash yang Anda hosting-kan pada langkah 2. Sesuaikan juga ukuran tampilan dari menu flash yang akan Anda tampilkan pada halaman blog (tulisan warna biru).



  • Klik tombol SIMPAN TEMPLATE


  • Silahkan klik di sini untuk melihat hasilnya.

    Artikel Terkait



    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Posting Lebih Baru » « Posting Lama Beranda